TANTANGAN KIDS ZAMAN NOW
Senin, 05 Februari 2018     09:32:08 WIB    Tomy
Kategori: Artikel - Dibaca: 645 kali

Penulis : Nursalmah,S.Pd

        Kenyataan yang terlihat dalam kehidupan sehari – hari,  masih banyak nya remaja dan anak – anak yang berprilaku jauh dari norma agama, kesopanan dan kesusilaan.Anak – anak yang masih usia sekolah dasar sudah memahami dan melakukan yang namanya“bully” kepada temannya, bahkan tidak heran lagi anak – anak usia remaja melakukan yang namanya pacaran, tawuran antara teman – temannya, kenakalan – kenakalan yang terjadi pada anak – anak sangat membuat para orang tua mengelus dada, selain itu yang lebih memilukan hati masyarakat adalah anak – anak yang sudah berani memukul orangtua dan gurunya, bahkan ada yang memukuli sang guru sampai sang guru menghembus nafas terakhir, tragedi ini terjadi pada seorang guru honorer di Sampang, peristiwa ini sangat menggocang hati semua " guru", perjuangan yang diberikan tanpa keluh dan kesah, dengan gaji pas - pasan dan kesabaran tinggi, itulah sosok yang namanya"Guru ". Perbuatan yang mereka lakukan sangat tidak sesuai dengan norma agama.

       Dimanakah rasa hormat dan saying mereka? Sepertinya sudah menghilang dari hati nurani mereka.Berbagai bentuk pertanyaan bermuncul dibenak orang tua dan masyarakat, mengapa hal tersebut bias terjadi?

Perubahan zaman ke era modreniasasi dengan arus globalisasi yang cepat mendominasi dalam segi kehidupan masyarakat, dapat dilihat dari perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi. Keadaan inilah yang dapat membawa pengaruh besar terhadap pengetahuan dan moral masyarakat, dan otomatis ini akan sangat mempengaruhi perilaku anak –anak sebagai generasi bangsa masa akan datang. Yang memegang peran penting memegang tombak kepemimpinan. Arus globaliasi memiliki dampak positif dan negative bagi kehidupan masyarakat, berhubung dengan masa depan anak – anak, kita perlu menyoroti dampak negative dari arus globalisasi ini.

         Mengapa? Setiap permasalahan pasti ada penyebabnya, maka dengan kita mengetahui penyebabnya maka kita akan menemukan solusinya. Penyebab – penyebab ini merupakan tantangan – tantangan kids zaman now yang tidak ringan, apabila mereka tidak dibentengi dengan bekal yang kuat, mereka akan mudah terbawa arus negatifnya globalisasi.

         Apa saja yang menjadi tantangan kids zaman now? Berdasarkan fenomena yang terjadi dilingkungan rumah, sekolah dan masyarakat, maka dapat diuraikan tantangan – tantangan tersebutan atara lain;

a.      Media Sosial                    

Dunia medsos saat in itak luput dari kehidupan masyarakat, perkembangan teknologi ini juga banyak mempengaruhi kehidupan masyarakat, bahkan dikalangan anak – anak dan remaja, yang mendominasi keaktifan dalam penggunaan media sosial, tampilan – tampilan yang berbau‘ dewasa “,kian marak di media sosial, halini dapat mempengaruhi moral anak- anak dan remaja. Tidak sedikit hal – hal” buruk” yang dapat ditiru oleh anak – anak dan remaja.Berbagai jenis kenakalan – kenakalan pun dapat terjadi. Sehingga peran orang tua dansekolah harus lebih jeli dalam mengawasi perkembangan anak

b.      Games online                  

Semakin maraknya perkembangan teknologi, maka berbagai aplikasi canggih pun bermunculan, salahsatunya yang marak dan diminati kalangan anak – anak sampai orang dewasa adalah game on line, mereka sudah terhipnoti soleh kecanggihan aplikasi tersebut, lupaakan waktu, lupa akan tanggung jawab,dan lupa akan sikap kesopanan, moral anak – anak dan remaja pun menjadi korbannya, apalagi sekarang game on line banyak mengandung unsur“kekerasan”. Sehingga anak –anak yang masih polos akan mudah meniru apa yang mereka lihat.

c.       Materialisme                   

Sudah tidak heran lagi di era teknologi ini barang –barang bermerek dan canggih sudah bertebaran di kalangan masyarakat, bahkan anak –anak usia dini sudah diperkenalkan dengan barang – barang yang berteknologi tinggi tersebut, sehingga menimbulkan keinginan anak untuk memiliki barang tersebut tidak bias terbendung lagi, begitu juga dengan kebutuhan hidup dengan berbagai merek, Tanpa disadari akan terjadi persaingan dalam memiliki lebih, dialah yang hebat diantara sesamanya, sehingga timbulah kesenjangan dilingkungan masyarakat.

 d.     Kebudayaan barat                      

Arus globalisasi begitu kuat merasuk dalam kehidupan masyarakat, namun dampak negative kian cepat melekat, hal ini dapat dilihat dari kebudayaan barat yang sudah mendominasi masuk kesegala aspek kehidupan.Masyarakat pun sudah mulai meniru budaya barat seperti cara berpakaian, berperilaku, dan pergaulan, sehingga budaya timur yang selalu menjunjung tinggi norma – norma sudah mulai menipis, anak – anak dan remaja pun menjadi korbannya.

Pengaruh arus globalisasi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat, karena mau tidak mau ,masyarakat dan anak – anak akan menghadapinya. Langkah yang terbaik adalah mencari stategi – strategi dalam menghadapinya.

 

 

 



Kampung Inggris
25 September 2018 - 05:52:59 WIB

Pertemanan Kids Zaman now jika dibanding dengan tahun 2000 kebelakang, sangat jauh berbeda. Miris...
jasa seo
06 Oktober 2019 - 06:38:05 WIB

Thanks atas informasinya
<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>
  Terpopuler  
  Terkini  
  Komentar  

Polling


Penilaian Anda tentang Pendidikan di Indonesia ?

Buruk
Kurang
Cukup
Baik

Lihat Hasil Poling

Mitra Kami

Statistik User


428920


Pengunjung hari ini : 25
Total pengunjung : 85157
Hits hari ini : 69
Total Hits : 428920
Pengunjung Online : 2

Galeri Terbaru